AUGUSTE COMTE








Isidorus Auguste Marie François Xavier Comte (19 Januari 1798 - 5
September 1857),
lebih dikenal sebagai Auguste Comte. adalah seorang filsuf Perancis, pendiri dari
disiplin sosiologi dan doktrinpositivisme. Dia adalah bapak sosiologi yang pertama-tama
memberi nama sosiologgi dari kata socius dan logos. Walaupun dia tidak menguraikan secara
rinci masalah-masalah apa yang menjadi obyek sosiologi, tetapi dia mempunyai anggapan bahwa sosiologi terdiri dari dua bagian pokok, yaitu  social stastistic sosiologi merupakan sebuah ilmu
yang mempelajari timbal balik antara lembaga-lembaga kemasyarakatan. Sedangkan social
dynamics meneropong bagaimana lembaga-lemaga tersebut berkembang dan mengalami perkembangan sepanjang masa. Perkembangan tersebut pada hakikatnya melewati tiga tahap, sesuai degan tahap-tahap perkembangan pikiran manusia yaitu:

  1. tahap teologis, ialah tingkat pemikiran manusia bahwa semua benda didunia ini mempunyai jiwa dan itu disebabkan oleh sesuatu kekuatan yang berada atas manusia. Cara pemikiran tersebut tidak dapat dipakai dalam ilmu pengetahuan
.
  1. Tahap metafis pada tahap ini manusia masih percaya bahwa gejala-gejala didunia ini disebakan oleh kekuatan-kekuatan yang berada di atas manusia. Manusia belum berusaha untuk mencari sebab dan akiat gejala-gejalaa tersebut.

  1. Tahap positif, merupakan tahap dimana manusia telah sanggup untuk berpikir secara ilmiah. Pada tahap ini berkembanglah ilmu pengetahuan.

Menurut comte, masyarakat harus diteliti atas dasar fakta-fakta obyektif dan dia juga menekankan pentingya penelitian-penelitian perandingan antara berbagai masyarakat yang berlainan. Hasil karya comte yang terutama adalah:

The scientific labors necessary for the reorganization of society (1882)
The positive philosophy (6 jilid 1830-1840)
Subjective synthesis  (1820-1930)

Category: 0 komentar

0 komentar:

Posting Komentar